KulinerBandung.id – Kalau bicara tentang Thailand, apa duluan yang terbayang dipikiran kamu? Drama remajanya yang lucu dan seru?Film horornya yang serem banget bikin nggak bisa tidur? Atau tempat wisatanya yang eksotis, besa-besar dan kokoh?Atau malah Gajah Putih yang jadi tanda khas negaranya? Ada yang viral seperti Mango Sticky Rice, apakah itu?

Si Manis Legit Mango Sticky Rice Thailand

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Bicara tentang Thailand memang selalu menyenangkan.Salah satu negara tetangga kita ini selain dikenal lewat beberapa kekhasan yang disebutkan di atas tadi juga tidak boleh dilupakan telah lama dikenal karena memiliki banyak makanan enak. Mulai dari buah, makanan tradisional hingga makanan pencuci mulut.

BACA JUGA >> Mie Yamin terenak di Bandung 

Satu diantaranya ialah pencuci mulut khas Thailand yang kini tengah viral dan banyak dicari di Indonesia adalah Sticky Rice. Cara pembuatan yang mudah atau kalau memang dijual, biasanya dijual dengan harga terjangkau namun rasa yang ditawarkan sangat cocok di lidah adalah salah satu alasan mengapa makanan manis ini digemari dan memiliki pasar tersendiri di Indonesia.

Sticky rice diartikan dalambahasa Indonesia sebagai ketan. Disebut Sticky Rice karena makanan ini dibuat dengan bahan utama ketan yang dimasak dengan menggunakan santan dan daun pandan. Rasanya manis dan gurih. Untuk di Indonesia sendiri, Stiky Rice yang paling populer ialah yang disajikan bersama buah manggamanisyang dipotong memanjang.Mango Sticky Rice yang telah siap saji umumnya terasa unik karena campuran rasa manis, gurih dan terdapat kesan segar dari buah mangga. Pokoknya bikin nagih!!

Jadi untuk kamu yang penasaran untuk menyicipi secara langsung, kami tantang kamu untuk membuat Mango Sticky Rice versi kamu sendiri karena bahan dan cara membuatnya yang sederhana. Berikut resep lengkap yang bisa jadi panduan:

Bahan Membuat Mango Sticky Rice:

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

– 200 gram ketan putih berkulitas baik yang telah dicuci bersih dan direndam dalam air selama kurang lebih 60-90 menit

-1 liter santan

-Air secukupunya

-½ sdt garam

-1 lembar daun pandan, simpulkan

-2 buah mangga manis, iris-iris memanjang

-100 gram gula pasir

Saus santan:

-1,5 liter santan

-2 lembar daun pandan

-2 sdt gula pasir

-1 sdt garam

-2 sdt tepung maizena yang telah dilarutkan dengan 2 sdm air

Cara membuat:

  1. Masukkan mangga yang telah dikupas dan potong memanjang ke dalam kulkas, biarkan dingin hingga waktu penyajian.
  2. Rebus santan, daun pandan, dan tambahkan garam secukupnya. Aduk hingga mendidih.
  3. Masukkan ketan ke rebusan santan. Aduk terus hingga santan terserap ke dalam ketan, angkat.
  4. Kukus ketan yang telah direbus tadi selama kurang lebih 30 menit hingga matang
  5. Angkat, sisihkan.
  6. Buat saus santan dengan mencampur santan, gula, garam, lrutan maizena dan daun pandan. Aduk dan masak di atas api kecil sampai mendidih dan mengental.
  7. Angkat, dinginkan.
  8. Keluarkan mangga dari dalam kulkas.
  9. Sajikan dengan membaginya menjadi beberapa porsi. Tiap porsi terdiri atas ketan dengan siraman santan dan mangga.

BACA JUGA >>  BACANG INDOMIE 

Bagaimana, setelah melihat resep yang ada, tertarik kah untuk mencoba membuatnya?Hanya dibutuhkan bahan sederhana dan waktu yang tidak banyak untuk bisa menyelesaikan panganan ini dan menghidangkannya untuk pencuci mulut keluarga terkasih.

Jadi tunggu apalagi? Nggak perlu jauh-jauh ke Thailand, mari segera praktik sendiri bikin Mango Sticky Rice versi kamu. Selamat mencoba dan sampai jumpa di menu berikutnya!!