KulinerBandung.id – Liburan ke Bumi Pasundan, sudah pasti wisata kuliner menjadi salah satu daftar destinasi jalan jalan.  Kota Bandung dikenal sebagai kota Batagor, tidak heran karena banyak sekali kedai penjual batagor di kota ini hingga ke pelosok. Sebut saja Batagor Kingsley, Batagor Ihsan, Batagor Riri, termasuk pemain baru Batagor Coy.

Tidak heran banyak orang yang menyukai kuliner Bandung yang satu ini selain enak dan rasanya yang khas, bumbunya pun pas di lidah orang Indonesia dan harganyapun terjangkau. Camilan khas Bandung berbahan dasar campuran Ikan tenggiri cincang dan aci yang dibubuhkan di atas sepotong tahu lalu digoreng memang menjadi favorite bagi semua kalangan. Mulai dari Balita hingga eksekutif muda dan dapat ditemukan mulai di sekolah, pasar hingga di mall atau cafe banyak yang menjajakan batagor.

Baca juga : Resep Batagor Kuah khas Bandung

Varian Batagor Kingsley

Batagor Kingsley salah satu batagor yang terletak di jalan Veteran, Bandung ini terkenal dengan tekstur batagornya yang renyah. Tidak heran banyak pengunjung Batagor Kingsley terutama di akhir pekan. Namun, saat ini Batagor kingsley yang memiliki 3 varian menu yaitu batagor goreng, batagor kuah dan siomay ini memiliki penantang baru yaitu Blacktagor.

Blacktagor, salah satu batagor inovatif dari Batagor Coy ini terkenal karena warnanya yang hitam dan bumbunya yang beda dari batagor lain. Tidak heran review yang didapat dari para pecinta kuliner sangat memuaskan. Namun apa saja yang membuat Blacktagor ini menjadi viral ?

ALASAN UNTUK MENCOBA PESAING BATAGOR KINGSLEY

1. Lokasi

Batagor Kingsley bisa ditemukan di Jl. Veteran no. 25 Bandung, sedangkan Batagor Coy dapat ditemukan di dua tempat yaitu Jl. Ir. H. Juanda No 91, Dago dan di Jl. Riau )Depan FO Outfit), keduanya berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat.

2. Tekstur

Dari sisi tekstur baik Batagor Kingsley ataupun Blacktagor dari Batagor Coy memiliki tekstur yang renyah dan sama sama besar. Namun, sesuai dengan namanya blacktagor memiliki warna hitam dikarenakan mengandung tepung charcoal atau tepung arang hitam. Tepung arang hitam ini dipercaya dapat meredakan perut kembung dan penawar racun, namun tidak mengubah dari sisi rasa.

Pewarna hitam yang digunakan malah membuat batagor ini terlihat eksotis. Bagi yang pertama kali mencoba mungkin akan sedikit ragu untuk rasa, namun setelah dicoba hal tersebut akan hilang. Blacktagor sendiri malah sangat terasa ikan tenggirinya.

3. Saus

Batagor Kingsley. keju meler di batagor khas batagor coy

Keju meler di batagor khas batagor coy

Saus yang diberikan Batagor Kingsley adalah saus kacang yang terkenal manis dan pedas. Memang, saus adalah salah satu bahan utama dalam menyantap batagor. Saus kacang yang enak akan membuat batagor pun terasa lezat. Beda halnya dengan blacktagor.

Blacktagor disantap dengan cocolan saus keju mozarella. Perbedaan saus sebagai cocolan ini menjadikan alasan bagi masing masing pecinta kuliner dalam memilih batagor favoritenya.

4. Harga

Harga yang dibandrol baik untuk Batagor Kingsley maupun Blacktagor tidak jauh berbeda. Rata – rata 1 porsi dikenakan harga sebesar Rp. 20 ribu – Rp. 30 ribu rupiah. Harga tersebut masih cukup wajar atas porsi yang diterima.

5. Paket oleh-oleh

Baik Batagor Kingsley maupun Batagor Coy dapat dipesan secara langsung di outlet mereka ataupun melalui pemesananan online via Ojek online. Namun, untuk paket oleh-oleh , Batagor kinngsley sudah dapat dipesan melalui market place seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan elevania.

Sedangkan untuk paket oleh-oleh batagor dari Batagor Coy saat ini baru tersedia di toko Oleh-oleh onestop oleh-oleh Bandung yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda no 138, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, dan dalam waktu dekat akan tersedia di Kartika Sari.

Dari beberapa alasan diatas, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba mencicipi Blacktagor pesaing baru Batagor Kingsley. Bagi pecinta kuliner, inovasi baru untuk batagor ini cukup mendapatkan apreasi. Bagaimana menurut kalian ?