KulinerBandung.id – Bacang Indomie itu seperti apasih? Mi instan telah lama dikenal sebagai menu makanan favorit bagi hampir seluruh rakyat Indonesia tanpa pandang usia, pekerjaan dan derajat. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968 oleh PT Lima Satu Sankyu dan PT Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia Ltd. di Indonesia. manuver mi instan kian lincah tiap tahunnya. Berbagai varian rasa mulai ditawarkan dari yang original, internasional hingga yang berbau kedaerahan. Berbagai pelengkap juga ditambahkan guna mendukung rasa mi yang makin sempurna dari mulai bawang goreng, bakso hingga potongan daging.Hampir semua laris manis dan bisa diterima pasar.

Bacang Indomie Kreasi Menarik Santap Mie Instan

bacang indomie

bacang indomie

Kini, tidak salah rasanya bila menyebut bahwa perkembangan mi telah memasuki era baru.Bukan hanya tentang variasi rasa, mi instan mulai dibuat menyerupai berbagai bentuk makanan yang lazim dimakan tanpa memasukan mi sebagai salah satu bahannya. Beberapa waktu yang lalu publik terkesima dengan menu yang diberi nama Donat Indomie. Hal ini berawal dari salah satu produsen donat di Sydney, Australia, yang memulai kerja sama dengan Indomie Australia untuk memasarkan kreasi donat mi goreng.

Baca Juga >> WISATA KULINER BANDUNG 2018

Donat yang biasanya kita buat menggunakan bahan dasar tepung, akhirnya sekarang juga bisa dinikmati dengan memanfaatkan bahan dasar mi instan dan seperti yang telah diduga, menu ini pun laris manisdijual dan dipratikan banyak orang. Tapi tahukah kamu, baru-baru ini mi instan kembali viral dengan variasi menu baru yang disebut Bakcang Indomie?

Menu ini pertama kali dibuat oleh Yunita Anwar, seorang Praktisi Kuliner sekaligus Penulis buku Best Seller dengan judul Easy Cook for Mom lewat akun instagramnya @yunitaanwar.Untuk kamu yang belum familiar dengan bakcang, berikut sedikit info tentangnya.

Bakcang atau Bacang adalah panganan tradisional Tionghoa. Dibuat dari beras ketan yang diisi dengan daging, jamur, udang, seledri dan jahe lalu diberi penyedap rasa seperti garam, merica dan lain-lain. Kemudian ini bagian yang penting, dibungkus dengan daun bambu panjang yang telah dimasak lalu diikat dengan tali.

Resep Membuat Badang Indomie

bacang indomie

bacang indomie mudah dibuat

Untuk pembaca yang penasaran dan ingin mencoba, tenang saja kami telah menyiapkan resep Bakcang Indomi yang bisa kamu coba praktikan sendiri di rumah.

KLIK DISINI >>  OLEH — OLEH KHAS BANDUNG 

Bahan:
-1 bungkus mi instan

-2 buah cabai rawit

-1 sdm kornet sapi

-2 lembar daun bambu yang telah dimasak

-Tali rafia secukupnya untuk mengikat bungkus Bakcang

Cara membuat:

  1. Rebus mi instan hingga setengah matang. Angkat lalu balur dengan bumbu mi instan seperti biasa.
  2. Ambil selembar daun bambu yang telah terlebih dahulu direbus di air mendidih untuk menghilangkan kotoran, bentuk hingga berbentuk menyerupa kerucut di bagian bawahnya.
  3. Isi setengah bentuk kerucut tadi dengan mi yang telah dibalur bumbu.
  4. Setelahnya tambahkan kornet dan cabai rawit, lalu kembali tutup dengan mi dibagian atasnya.
  5. Tutup daun bambu dan buat menyerupai limas segitiga kemudian ikat dengantali rafia yang telah disesuaikan panjangnya.
  6. Kukus dalam dandang yang telah terlebih dahulu dipanaskan selama kurang lebih 15 menit.
  7. Cek jika telah matang sempurna.angkat lalu sajikan. Bakcang Indomi telah siap dinikmati.

Mudah bukan mendapatkan bahan dan mempraktikan cara membuat Bacang Indomie? Untuk isian Bacang, kamu dapat sesuaikan dengan selera. Bisa dengan mengganti kornet dengan sayuran dan udang atau menambahkannya dengan berbagai bahan unik lain sesuai keinginan. Selamat mencoba dan sampai jumpa di menu selanjutnya!